Cara Meminimalisir Resiko Bisnis dan Memaksimalkan Potensi

Cara Meminimalisir Resiko Bisnis dan Memaksimalkan Potensi – Saat memulai bisnis atau usaha memang selalu memiliki hambatan yang harus dilalui. Maka tak heran jika ada pepatah yang mengatakan, jika berani berbisnis maka harus berani bangkrut. Bahkan semakin besar bisnis yang anda jalankan, semakin besar pula rugi yang akan diderita. Kendati demikian, tetap saja yang namanya bisnis selain untung juga akan mengalami risiko kemunduran laba.

Sebagai seorang pebisnis memaksimalkan potensi usaha adalah jalan terbaik untuk mempertahankan bisnis tersebut. Kemampuan mengurangi risiko sekaligus memaksimalkan potensi mesti dilakukan sebaik mungkin. Tidak semua bisnis mengandung risiko, tetapi bisnis pasti memiliki kendala risiko. Inilah cara meminimalisir risiko bisnis dan maksimalkan potensi.

Tips Meminimalisir Resiko Bisnis dan Memaksimalkan Potensi

1.Diversifikasi Pada Klien

Perlu diketahui bahwa sebagai pelaku bisnis anda harus tetap berusaha untuk melakukan diversifikasi portofolio klien sendiri guna memasukkan pelanggan di berbagai industri. Hal semacam ini untuk mencegah bisnis anda dari kerugian. Apabila industry tertentu runtuh atau kehilangan permintaan untuk produksi dan jasa yang anda tawarkan, maka harus tetap bertahan dalam menjalankan bisnis tersebut.

2. Jangan Bergantung Pada Klien

Ide menghindari ketergantungan pada klien adalah salah satu cara meminimalkan risiko bisnis. Jangan pernah membiarkan bisnis anda bergantung pada persentase besar pendapatan berasal dari salah satu klien. Apabila pelanggan utama telah membentuk 50 persen dari pendapatan anda, maka kehilangan kontrak bisa memaksa bisnis anda sendirilah yang akan segera gulung tikar. Jadi, lakukan pengembangan distribusi klien, bahkan jika perlu untuk melindungi diri terhadap risiko tersebut.

3. Menilai Kembali Rencana Bisnis

Adapun tujuan bisnis dan prosesnya sebagian besar akan berubah dari waktu ke waktu. Dengan begitu anda perlu untuk menilai kembali rencana bisnis anda secara teratur. Hal ini untuk memastikan agar organisasi bergerak ke arah yang benar dan dapat beradaptasi dengan perubahan yang diperlukan. Bukan hanya itu, cara yang satu ini akan mampu memaksimalkan potensi anda dengan memastikan Anda mengambil keuntungan dari peluang baru.

4. Upayakan Pembayaran Tetap Rendah

Para pakar investasi berpendapat bahwa bukan utang yang menyakiti seseorang, namun ketidakmampuan mereka untuk melakukan pembayaran. Anda perlu untuk bekerja dalam sebuah sistem yang memungkinkan untuk melakukan pembayaran yang lebih kecil ketika arus kas anda rendah dan lebih besar ketika arus kas sehat. Tentu saja, memerlukan pembayaran tetap rendah sehingga anda mampu menggunakan modal kerja dari membayar biaya variabel.

5. Lakukan Investasi Kembali

Hampir perusahaan selalu menginvestasikan kembali keuntungan yang bertentangan dengan pemotongan gaji besar sehingga berhasil dalam jangka panjang. Para pakar mengatakan jika investasi selalu melibatkan beberapa tingkat risiko. Karena itulah, jika anda ingin melakukan investasi kembali maka harus menerima risiko yang ada. Anda pun harus membuat uang bekerja untuk bisnis anda sendiri.

Demikian ulasan terkait cara meminimalkan risiko bisnis agar potensi usaha tetap maksimal. Semoga bisa bermanfaat bagi anda semua. Selamat menjalankan bisnis dan tetap bekerja keras agar sukses.

Image Credit: fundbox.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *