Tips dan Trik Menjalani Bisnis Konveksi

Tips dan Trik Menjalani Bisnis Konveksi – Seperti yang kita tahu bahwa bisnis konveksi adalah salah satu bisnis menjanjikan. Maka tak heran jika banyak orang yang mencoba peruntungan di bidang tersebut. Anda pun harus mengetahui seluk beluk bagaimana dunia konveksi. Bahkan peluang keuntungan dan kerugian juga harus diperhitungkan dalam menjalankan bisnis konveksi, sehingga perencanaan usaha tetap terkendali.

Satu hal yang memang jarang dipahami saat menjalankan bisnis konveksi adalah mempertimbangkan dampak bagi lingkungan. Untuk memulainya saja, anda tak perlu mencari modal besar cukup dengan dana seadanya asalkan anda sendiri memiliki kemampuan. Nah, berikut ini beberapa tips dan trik menjalani bisnis konveksi yang harus diketahui betul.

Cara Mudah Menjalani Bisnis Konveksi

1.Rencanakan Kontrak dengan Partner

Saat memulai bisnis konveksi, maka tidak setiap kali barang yang diproduksi akan laku keras d pasaran. Terlebih lagi, jika sedang mengalami inflasi atau krisis ekonomi sehingga bisnis terpaksa mengalami kemunduran penjualan. Maka dari itu, cobalah untuk mencari alternatif lain agar produksi terus berjala. Caranya bisa dengan membuat kesepakatan untuk menerima proyek memotong atau menjahit dari rumah produksi yang lebih besar. Paling tidak jika anda berani maka bisa member penawaran sebagai proyek kecil dengan kontrak sebagai partner.

2. Buat Usaha di Rumah Sendiri

Apabila anda tidak mempunyai modal yang banyak untuk membuk usaha konveksi. Maka solusi terbaik adalah dengan memulainya di rumah sendiri dan menjahit sendiri dulu. Jika diperlukan untuk menambah pegawai lain untuk membuat jenis pakaian, seperti seragam sekolah, kaos untuk pria, blus wanita atau kemeja, maka tak ada salahnya merekrut karyawan. Untuk penjualan anda bisa menjualnya pada pengecer atau pedagang di sekitar kota.  Sebagai permulaan, anda bisa memberikan bonus atau haga promo agar jaualan laris manis.

3. Sablon dan Bordir

Selanjutnya adalah membuat hiasan border atau gambar sablon yang unik agar menarik perhatian sehingga terlihat lebih mahal. Namun sebetulnya proses pembordiran dan sablon tidak sesulit yang dibayangkan, maka hanya memang memerlukan alat khusus. Hasil yang didapatkan tentu cukup memuaskan, lantaran pakaian dengan bordir menjadi incaran dan tren sekarang ini.  Cobalah untuk belajar menggunakan mesin bordir dari model yang dasar, dan kemudian nantinya bisa dikembangkan lebih bervariasi. Bordiran yang selalu menjadi idola biasanya memiliki motif bunga atau abstrak.

4. Jual Barang Kualitas Ekspor

Peluang dengan menjual barang-barang berkualitas ekspor dan bermerek memang digandrungi banyak orang, namun dengan catatan harga yang relatif murah. Paling tidak barang tersebut harus mempunyai model yang menarik dan tampil beda. Bukan hanya bermerek, pastikan barang yang anda pajang dan jual termasuk barang asli. Menariknya lagi anda memberikan diskon dan harga terjangkau saat ditawarkan.  Jadi, anda harus bisa menemukan supplier yang menawarkan harga termurah barang-barang tersebut.

Demikian Tips dan Trik Menjalani Bisnis Konveksi yang harus anda perhatikan. Jika memang nantinya harus terjun ke bisnis konveksi, maka pastikan anda memiliki perencanaan bisnis yang jelas dan terprogram.

Image Credit: businessoffashion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *